8 Cara Jitu Menghadapi Seminar Proposal atau SemPro - Diallogi

HEADLINE

Post Top Ad

<>

Sabtu, 23 November 2019

8 Cara Jitu Menghadapi Seminar Proposal atau SemPro

Ilustrasi: badoystudio.com
Hai sobat Diallogi...Kalian pasti tahu kan kalau perjalanan akhir yang harus dilalui untuk menyelesaikan studi pendidikan seperti S-1 adalah Skripsi. Namun, sebelum jadi yang namanya skripsi kita harus membuat proposal pra penelitian terlebih dahulu. Nah proposal ini merupakan rencana penelitian yang akan kita lakukan. Jika membahas sistematika penulisan, proposal biasanya terdiri dari  3 bagian yaitu Bab I (Pendahuluan), Bab II (Kajian Teori) dan Bab III (Metodologi Penelitian).
Meskipun proposal hanya sebatas rencana penelitian, kamu tetap harus mengupayakan dengan maksimal, karena jika tidak maka proposal bisa saja ditolak atau diganti. Wah ribet jadinya kan kalau gitu... 
Tenang, sekarang ga perlu cemas atau takut, karena berikut akan diuraikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan menjelang presentasi seminar proposal:
1. Siapkan Mental dan Jaga Kesehatan
Ilustrasi: grid.id
Percayalah, seminar proposal tidak semenakutkan itu, melainkan membantumu untuk meluruskan alur pikir (agar tidak terjadi sesat pikir). Disini Tidak ada proposal yang sempurna, apabila banyak kritikan dari penguji jadikan itu sebagai tambahan agar nantinya penyusunan skripsimu lancar dan lebih baik. So, santai saja tapi harus tetap siap dan jaga kesehatan ya. Karena jika kesehatanmu terganggu, dikhawatirkan akan mempengaruhi performa dan konsentrasi dalam presentasi atau menjawab pertanyaan dari dosen penguji.
2. Bertanya Pada Teman Yang Sudah Melakukan Seminar Proposal
Ilustrasi: pngtree.com
Malu bertanya sesat dijalan. Dengan bertanya kepada teman yang sudah melakukan seminar maka kita dapat mempersiapkan diri juga bahan-bahan lainnya yang mungkin saja dibutuhkan. Kamu bisa menanyakan pertanyaan seperti, bagaimana rasanya seminar?, pertanyaan yang biasa diajukan apa aja sih?, eh kemaren pas ditanya kenapa angkat judul itu kamu jawabnya gimana?, ada hal-hal lain yang perlu aku siapin ga ya?, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.
3.  Kuasai Pokok Materi Permasalahan
Ilustrasi: materibelajar.co.id
Ini merupakan unsur penting dalam seminar proposal, apakah judulmu bisa diterima, ditolak atau diganti. Kamu harus mengerti setiap kata-kata kunci atau maksud dari tulisan yang kamu buat dalam proposal. Jangan mencantumkan istilah atau hal-hal lainnya yang tidak kamu kuasai, karena takutnya itu akan jadi bumerang bagi dirimu sendiri. Dalam memahami teori, kamu tidak cukup hanya sekadar menghapal dan menyebutkannya dengan gamblang, melainkan kamu juga harus bisa menjelaskan teori itu sampai ke akar-akarnya sebagaimana yang dimaksud oleh si ahli teori. Intinya saat kamu sudah menguasai keseluruhan isi proposal, terlebih itu proposal kan kamu yang buat sendiri, maka harusnya saat nanti presentasi itu sudah diluar kepala, tidak lagi membaca bahan. Dan ketika ditanya oleh dosen penguji kamu juga dapat menjawab setiap pertanyaan yang terlontar dengan jelas, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan. Keren bukan.
4. Siapkan PPT Yang Simpel, Efektif dan Menarik
Ilustrasi: review.bukalapak.com
Ini hanya masalah teknis, tapi kebanyakan mahasiswa hanya copy dan paste tulisan yang ada di Ms. Word ke Ms. Power Point. Alhasil jadilah power of word, bukan power of point. Usahakan buatlah slide yang efektif, yaitu slide yang tidak banyak huruf bahkan jika memungkinkan kamu bisa memberikan ilustrasi yang sesuai. Tidak perlu banyak animasi atau malah meletakkan gambar-gambar yang terkesan alay, Jangan !.  Apabila waktu luangmu berlebih, kamu juga bisa mengedit dan membuat desain slide dengan gayamu sendiri. Percayalah, kamu bisa dan itu cuma butuh waktu.
5. Presentasi Dengan Cara Yang Elegan
Ilustrasi: id.linkedin.com
Jika sudah punya bekal PPT yang bagus, maka usahakan kamu juga dapat menyampaikan isinya dengan baik. Hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan saat melakukan presentasi adalah jangan membaca keseluruhan naskah dari isi proposalmu, hindari membahas hal-hal diluar poin bahasan karena hal itu akan membuang banyak waktu dan kondisi jadi monoton. Ketahuilah wahai sobat diallogi, yang demikian itu sungguh membosankan, tolong jangan ditiru. Memang, tidak semua orang memiliki kemampuan public speaking atau presentasi, tapi jika merasa kurang ya “berlatihlah...”. Nah sebagai bahan rujukan kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk menjadikan presentasimu lebih elegan, seperti mengatur tempat dan cara berdiri, gunakan ritme dan intonasi suara ketika berbicara, lakukan kontak mata (jika kamu takut gerogi, cukup lihat satu titik tertentu yang mengarah ke audiens agar kontak matamu tetap terlihat ok), santai, serta sampaikan materi dengan singkat dan lugas (jika dibutuhkan buatlah catatan atau poin-poin penting dari bahasan yang akan kamu sampaikan) . Setidaknya kamu dapat menjelaskan isi proposalmu dengan singkat, padat dan jelas itu sudah cukup. Semangat...!
6.Simulasikan Seminar Proposalmu Biar Makin OK
Ilustrasi: Biteable.com
Emangnya perlu? Ya iyalah. Kita tidak pernah tahu bagaimana situasi pasti ketika seminar proposal. Apa yang terjadi dengan satu individu bisa jadi akan berbeda dengan individu lainnya. Jadi semakin sering kamu melakukan simulasi, maka kamu akan lebih siap dalam menghadapi seminar proposal. Oh iya, tips terbaik nih buat kamu. Kalau melakukan simulasi coba deh dengan pasanganmu. Terlebih bagian tanya jawab sama dosen penguji, dijamin deh kamu bisa puas banget buat ngomelin dia dan ngelampiasin segala emosi sebelum melakukan seminar proposal yang sesungguhnya (Catatan: hanya berlaku bagi kaum hawa kepada adam). Bagi kamu yang belum punya pasangan, harap bersabar ini ujian.
7.Tampillah Dengan Penampilan Terbaikmu Asalkan Sopan dan Rapi
Ilustrasi: informasitips.com
Tidakkah kamu berpikir ini momen? Jika iya tampilkan yang terbaik. Tidak perlu dandan menor atau punya baju baru. Kamu cukup tampil rapi, bersih, ya kalau mau berdandan sewajarnya saja. Mengapa demikian? Karena akan lebih menyenangkan melihat seseorang tampil dengan penampilan yang sopan dan rapi ketika sedang menyampaikan presentasi. Bagi kalian para laki-laki, tak perlu bersusah payah belajar make up. Be cool man...!
8. Berdo’a 
Ilustrasi: Hijaz.id
Jika kamu telah mengerahkan seluruh tenaga, jiwa dan raga maka jangan lupa untuk berdo’a. Berdo’alah untuk dimudahkan dalam pemahaman dan penguasaan bahan, berdo’alah ketika hendak memasuki ruangan seminar dan melakukan presentasi, dan berdo’alah semoga seminar proposalmu sukses dan judulmu diterima. Ingat, percaya diri boleh, tapi kalo sombong jangan.

Itulah beberapa tips yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat ya sobat diallogi.
(Sani Utami)

10 komentar:

  1. Ha..untuk sudah selesai seminar dan kompre..Padahal kelulusan saya ditunda lo. Untung saya ada cara jitu juga, berdoa dan sabar hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa, bener banget tu pak... salah satu kunci utamnya emang berdo'a dan bersabar sama satu lagi berusaha.

      Hapus
  2. Wah keren! Selamat berjuang dgn skripsi nih buat para readersnya kk sani. Cobain tipsnya,insyaallah mantaap hasilnya 💪

    BalasHapus
  3. Dan yang paling penting kuncinya adalah semua isi dari proposal itu buatan sendiri ya Sani, jangan coba-coba menyajikan hasil tulisan atau buatan orang lain, karena so pasti akan cepat diketahui, sekalipun itu metode penelitiannya saja. Ok syantik.

    BalasHapus
  4. Tips nya bagus ...
    Ntar di share ke adek2 yang mau lulus skripsinya..

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Gejala sombong atau apa nih kak yang begini wkwkwk

      Hapus

Post Top Ad

<>