Cara Download Journal Berbayar Secara Gratis di ScienceDirect - Diallogi

HEADLINE

Post Top Ad

<>

Kamis, 19 Desember 2019

Cara Download Journal Berbayar Secara Gratis di ScienceDirect

Hallo hai sobat Diallogi...
Kalian pernah bingung gak sih pas butuh jurnal internasional untuk kebutuhan riset, tugas, bahan makalah, atau hanya ingin menambah bahan bacaan, tapi ternyata jurnalnya tidak bisa diakses gratis, harus bayar cuy, mahal pula. Kalo iya, coba deh simak ulasan Diallogi kali ini ya sobat.

Jadi gini, sebenarnya untuk mengakses dan mencari jurnal-jurnal nasional atau internasional sudah banyak tu situsnya, seperti Google Scholar, EBSCO, JSTOR, ProQuest, Scopus, DOAJ, ScienceDirect, dan masih banyak lainnya.

Untuk dapat menikmati jurnal-jurnal itu, beberapa instansi, atau universitas biasanya berlangganan, jadi kalian yang sudah punya akses begitu mudah, ga usah repot-repot lagi cari cara biar bisa nikmatin jurnal yang berkualitas tapi ga bayar, alias gretongan.

Para sobat semua cari jurnalnya  bisa dimanapun ya, tapi biar mudahnya + ga ribet, Diallogi contohkan lewat ScienceDirect aja. Kuyy langsung aja kita mulai...
1. Buka dulu situs sciencedirect.com nya ya sobat. Setelah kalian buka, beginilah tampilan awalnya.
2. Setelah itu sobat dapat mengetikkan kata kunci dari jurnal yang akan dicari, misalnya saja kata “love” yang berarti jurnal berkaitan tentang cinta. Oh iya sobat juga bisa menggunakan pencarian berdasar author name, journal/book title, issue, dll. Kalau sudah trus klik enter atau tekan tanda search deh.
3. Kemudian muncul lah berbagai jurnal yang kita cari membahas perihal “love” seperti ini.  Kalau dari datanya sih ada 201, 062  artikel yang berkaitan dengan “love” sobat, banyak bukan main kan.
4. Pilih jurnal yang sobat butuhkan dengan cara mengkliknya. Contohnya aja Diallogi pilih jurnal yang bagian ditandai ini ya sobat. 
5. Setelah di buka muncul lah tampilan seperti ini. Sebenarnya kunci untuk membuka jurnal yang berbayar ini ada di DOI nya sobat, dimanapun cari jurnalnya yang kebetulan berbayar, asalkan sobat ketemu nomor serial DOI. nya pasti masih bisa diusahakan untuk dibuka dan diunduh (download). Pada tampilan ini kelihatan kan mana doi. nya. Iyap, bagian yang biru itu. Terus jangan lupa kalian copy (CTRL + C) ya sobat.
Jika sudah,  yuk ke langkah selanjutnya:
1. Sobat tercinta dapat membuka tab baru, dan kemudian cari aja sci-hub.tw. Mungkin akan ada masanya domain dari Sci-hub ini berubah, tapi ga perlu sedih, biasanya dengan mengetikkan sci-hub aja udah langsung ketemu, Cuma domainnya aja yang beda. Setelah itu akan muncul tampilan halaman utama yang seperti ini.
2. Tadi kan sobat sudah copy tu serial nomor doi nya, jadi tinggal tekan CTRL V aja atau paste deh dibagian kolom yang telah disediakan. Kalau udah tinggal tekan enter atau klik tanda kunci yang bertuliskan open.
3. Nah biasanya beberapa jurnal yang akan dibuka Sci-hub meminta kita untuk menuliskan kembali huruf atau angka yang ada diatas itu ke bagian kolom yang telah disediakan (letaknya tepat dibawah tulisan besar). Jika sudah, klik aja lagi bagian bawah kolom yang sudah kita tulis tadi atau tekan enter.
4. Tralalaaa... jurnal langsung terbuka untuk kalian dan cus download aja ga perlu bayar gengs. 
Mudah bukannn...
Sekian dulu ya bagi tips dari Diallogi kali ini sobat. Jangan lupa tinggalkan komentar, kritik dan saran atau mau request tips lainnya yang mungkin kalian butuhkan juga boleh loh. Ditunggu yaaa...
Terimakasih kunjungannya, jumpa lagi di edisi lainnya sobat Diallogi.
Dadaaaa...
(Sani Utami)

6 komentar:

Post Top Ad

<>