Pertanyaan Umum Yang Paling Sering Ditanyakan Saat SemPro (Seminar Proposal) Dan Cara Menjawabnya - Diallogi

HEADLINE

Post Top Ad

<>

Minggu, 08 Desember 2019

Pertanyaan Umum Yang Paling Sering Ditanyakan Saat SemPro (Seminar Proposal) Dan Cara Menjawabnya

Hallo sobat Diallogi, ga ada bosan-bosannya untuk berbagi tips dan trick sama kalian nih.
Perjalanan seseorang untuk mendapatkan gelar S. ....  pasti beda-beda ya. Ada suka dukanya masing-masing, yang mana setiap cerita kalian itu sungguh menarik. Bagi kalian yang sudah mendapat gelar atau tambahan nama dibelakang, Selamat ya. Tapi bagi kalian-kalian yang masih berjuang, semangat terus dan ga perlu sedih.
Untuk bagian ini, melihat tandatangan acc seminar dari dosen pembimbing memang sangat membahagiakan. Bagi kalian yang belum pada tahap ini, ayo segerakan revisian dari pembimbing biar cepat dapat acc juga. Dan teruntuk kalian yang baru dapat beginian, selamat dan saatnya persiapan menuju pentas. Sekedar berbagi, ini juga ada tips loh 8 Cara Jitu Menghadapi Seminar Proposal atau Sempro kali aja kan bisa ngebantu biar Sempro kalian makin kece badai, hehe...
Disamping menunggu jadwal seminar, pasti banyak kan dari teman-teman yang bertanya seputar pertanyaan yang sering ditanyain sama dosen penguji saat seminar proposal. Nah kali ini akan aku bahas berdasarkan pengalaman dan beberapa referensi terkait ya sobat, ada juga trick buat jawabnya. Penasaran? Lanjut aja lah kalau gitu...
Pertanyaan seputar BAB I
1.Mengapa kamu memilih judul penelitian ini?
(Cara menjawabnya sampaikan dan jelaskan fenomena yang mendasari kamu mengangkat tema penelitian ini ya. Kemudian tambahkan dengan jurnal penelitian atau teori yang mendukung)
2. Apa urgensi dalam penelitian ini?
(Membahas mengenai urgensi, berarti keharusan yang mendesak. Mengapa kita harus melakukan penelitian ini, nah jawabnya berkaitan dengan output dari masalah yang kita temui, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada)
3.Apa permasalahan yang ada dalam skripsi ini?
(Sebutkan saja apa yang ada di identifikasi masalah. Tapi kamu juga harus dapat menjelaskannya ya jika ditanya)
4.Apa hal menarik dari penelitian yang akan kamu lakukan?
(Nah ini berdasarkan sama fenomena yang kalian temui. Tapi bisa juga kalian jawab kalau penelitian kalian itu masih baru, dan belum terlalu banyak penelitian yang dilakukan, terlebih di daerah A atau pada subjek tertentu. Pokoknya disesuaikan aja)
5.Penelitian seperti ini sudah ada, kenapa kamu masih memilih untuk meneliti ini?
(Ini pertanyaan biasanya muncul karena variabel yang akan kita ukur sudah terlalu banyak yang meneliti. Disana kalian memang dituntut untuk baca, kalian bisa telaah apa kelemahan dari penelitian sebelumnya. Terlebih yang namanya penelitian itu kan memang harus diulang, terus beda wilayah, beda budaya, beda orangnya, beda alat ukurnya, beda pula hasilnya. Jadi kalian harus jeli ya)
6.Apa manfaat atau pentingnya penelitian ini?
(Manfaat penelitian bisa berupa manfaat praktis dan teoritis. Biasanya yang akan dipertanyakan lebih ke manfaat yang praktis. Jadi kalian bisa menyebutkan apa yang sudah ada diproposal dengan gaya bahasa kalian masing-masing yang mudah dimengerti dan nyambung sama masalah yang ada)
7. Apa tujuan dari penelitian ini?
(Kalau ditanya tujuan berarti harus nyambung sama apa yang menjadi rumusan masalah ya teman)
Pertanyaan Seputar BAB II
1.Teori siapa yang kamu pakai, mengapa?
(Ini pertanyaan mudah bukan? Iya karna jawabannya pasti ada dalam proposalmu. Jadi cara jawabnya gini aja, contoh: saya memakai teori dari A, karena si A memang ahli teori dari variabel ini. Penelitian-penelitian sebelumnya pun juga menggunakan teori yang sama, disamping pengertiannya sesuai dengan fenomena atau masalah yang saya temui/akan saya teliti.)
2.Aspek-aspek dari siapa yang digunakan?
(Ini juga jawabannya sesuai isi proposalmu ya sobat. Kalau dari pengalaman sih aspek yang kita pakai itu harus ada dari si ahli teori yang kita gunakan. perihal aspek-aspek atau dimensi alat ukur, ini berbeda sudut pandang dari dosen pembimbing atau penguji sih biasanya. Ada dosen yang maunya aspek alat ukur kita itu harus dari si ahli teori, ada juga yang enggak, ada yang boleh digabungin, ada yang enggak. Jadi ya usaha yang maksimal aja dulu, kalau misalnya aspek-aspek kamu ga sesuai sama keyakinan mereka, berarti nanti jadi bahan untuk revisian. Jalani aja dulu)
3.Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan Bullying dalam penelitianmu ini? Bullying yang bagaimana? (Contoh kalau variabelnya bullying ya sobat)
(Nah disini kamu harus bisa menyampaikan bagaimana praktik bullying yang kamu temui, dan juga teori yang mendukung. Disini kamu dituntut untuk paham perihal bullying lebih dalam, tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam proses penelitian nantinya. Biar ga bingung gitu loh, jadi intensitas maupun frekuensinya harus jelas, bentuk perilakunya bagaimana dan bisa dilakukan oleh siapa kepada siapa. Begitupun dengan variabel-variabel lainnya, sesuaikan saja)
4. Jelaskan dinamika dari penelitianmu!
(Dinamika yang dimaksudkan disini harus berkesinambungan. Kamu harus dapat menjelaskan bagaimana Variabel A dapat berhubungan dengan variabel B, atau Mengapa variabel C dapat mempengaruhi Variabel D. Jelasinnya harus sistematis ya, kalau kebolak-balik dinamikanya jadi ga jelas nanti deh, beribet urusan jadinya)
Pertanyaan Seputar BAB III
1.Mengapa kamu memilih subjeknya remaja? (bisa anak-anak, lansia, bebas, disesuaikan aja)
(Biar jelasnya, kamu dapat langsung menggunakan teori yang mendukung untuk menjawab ini. Misalnya: Saya memilih remaja sebagai subjek penelitian karena berdasar teori dari Erickson yang menyatakan pada masa remaja, remaja akan mengalami krisis identitas, hal tersebut terjadi lantaran remaja tengah berada pada masa transisi, bla...bla...blaaa...Pokoknya cari aja apa yang menjadi keunikan dari si subjekmu itu. OK)
2.Mengapa kamu memilih lokasi itu sebagai tempat penelitianmu?
(Bilang aja karena nemu fenomena atau masalahnya disitu pak, bu. Rempong amat dah)
3.Mengapa kamu memilih teknik sampling ini?
(Kan sobat semua udah pada belajar tuh tentang cara pengambilan sampel, jadi bukan hal yang sulit untuk menjawabnya bukan? Misalnya saja teknik sample yang digunakan adalah purposif, dimana peneliti harus membuat kriteria tertentu mengenai subjek penelitian. Jadi mengapa purposif? Ya, Karena untuk meneliti perihal A ini memang harus dibuat kriteria, agar memudahkan peneliti untuk memperoleh subjek sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan, gitu deh)
4.Alat ukur (Instrumen) siapa yang kamu gunakan untuk meneliti ini, mengapa?
(Kalau untuk bagian ini, biasanya berkaitan sama aspek-aspek di BAB II tadi deh sobat Diallogi, jadi kalau ngerti bagian yang diatas pasti juga ngerti dong sama bagian yang ini. Atau biasanya bagian ini sobat juga akan ditanyain tuh, alat ukurnya mau adaptasi, menggunakan, atau modifikasi? Kalo Jawabnya  ya sesuai kebutuhan sobat aja, mana yang memudahkan, dan mana yang benar-benar bisa mengukur atribut yang akan diukur)
Oh iya, ingat juga ya, usahakan tetap santai dalam menjawab setiap pertanyaan, agar apa yang telah kamu persiapkan tetap dapat dikontrol dan apa yang kamu sampaikan bisa terdengar jelas dan dimengerti oleh dosen penguji. Setahu dan sepandai apapun kamu juga jangan nyolot, jika ingin membantah, gunakan gaya yang elegan. Semoga seminar proposalmu lancar ya, kalau masih ada tambahan atau kritik saran, kalian juga boleh komentar dibawah. Terima kasih.  (Sani Utami)

33 komentar:

  1. Klw misalnya pertanyaan nya mengenai sampel jenuh, itu jawabannya apa yah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sampel jenuh ditanya jawabannya,Karena untuk teknik sampel jenuh,dimana semua populasi digunakan sebagai sampel penelitian,dimana semua populasi penelitian tersebut kurang dari 30 sampel penelitian,

      Hapus
  2. Waw sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  3. Terimakasih ya kak, semoga apa2 yg di tanyakan semoga bisa dijawab dengan baik dan benar, Terima kasih 🙏🙏

    BalasHapus
  4. Terimakasih , doakanku ujian besok hihi

    BalasHapus
  5. Besok saya ujian proposal. Terimakasih sudah sharing ka, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Pas aku lagi nyari bgt, nih makasi Sani 😁

    BalasHapus
  7. Terimakasih Sani, kebetulan lgi siap2 untuk ujian proposal ni.

    BalasHapus
  8. Terimkasih teteh sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Terimakasih kak, besok saya seminar proposal minta doanya semoga dilancarkan dan dipermudah kan aamiin

    BalasHapus
  10. Bissmillah, semoga diperlancar

    BalasHapus
  11. Terima kasih ilmunya mbak.

    BalasHapus
  12. Thanks sudah membantu semoga sempro besok siang berjalan dengan lancar dan sehat selalu Amin.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah Bermanfaat... terimakasih dan sehat sehat yaaa kak Sanii

    BalasHapus
  14. thanks sangat mengedukasi bagi saya yg akan uj.proposal




    BalasHapus
  15. Thankyou banget kak, semoga ilmunya berkah.

    BalasHapus

Post Top Ad

<>