Taman Baca Mutiara Hati Nagari Dongeng Kota Bukittinggi - Diallogi

HEADLINE

Post Top Ad

<>

Selasa, 10 Desember 2019

Taman Baca Mutiara Hati Nagari Dongeng Kota Bukittinggi

Jreng Jreng Jrenggggg...
Kembali lagi menyapa sobat Diallogi dengan nuansa asri, sejuk, dan edukatif pastinya. Oke sobat, kali ini kita akan sedikit berbincang perihal TBM (Taman Baca Masyarakat). TBM ini hadir tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan minat baca dan budaya baca masyarakat, ya supaya pada "melek huruf", biar ga ada lagi tuh istilah "buta aksara". Dengan demikian, maka diharapkan masyarakat akan menjadi lebih cerdas, kritis, dan ga mudah kemakan hoaks. Karena segala informasi yang diterima pasti akan dibaca baik-baik kemudian dikroscek lagi kebenarannya, sehingga masyarakat akan bisa membedakan mana yang fakta dan mana yang rekayasa.
Membahas perihal TBM ini, Bukittinggi juga punya loh. Namanya Taman Baca Mutiara Hati Nagari Dongeng, yang mana TBM ini dikembangkan oleh Bpk Nofi Ferdian. Alamatnya ada di Jl. Padat Karya, Puhun Pintu Kabun, Mandiangin Koto Senayan, Bukittinggi. Bagi sobat Diallogi yang ingin berkunjung kesana, boleh banget. Terlebih sekarang sudah ada yang namanya GoJek, so kalian tinggal ketik-ketik aja lalu pesan, tau-tau ada yang jemput trus diantarin sampai alamat. Keren bukannn...
Tapi kak, ga ada tuh ketemu Taman Baca Mutiara Hati pas mau set alamat tujuannya... Tenang... dikasih solusinya kok. Untuk memudahkan, kalian bisa set alamat tujuannya ke "Rumah Sehat dan Taman Bunga".
Kenapa namanya beda lagi? bukan beda, hanya saja waktu dulu Pak Nof memang menyalurkan hobinya disana, yaitu mempercantik halaman rumahnya dengan menanam berbagai tanaman hias seperti bunga, sehingga jadilah Rumah Sehat yang dipenuhi dengan bunga-bunga. Baru beberapa tahun kemudian, Pak Nof memutuskan untuk menjadikannya Taman Baca Masyarakat dengan menambah koleksi buku-buku.
Meski udah jadi TBM, bunga-bunganya masih tetap ada, sayur-sayuran juga ada, bahkan buah pun ada, karena pak Nof memang menjadikan konsep alam untuk TBM nya. Jadi, siapapun yang akan berkunjung kesana dapat belajar tidak hanya dari buku tapi dari alam dan dari lingkungan sekitar secara langsung. Bahkan jika kalian ingin bibit bunga atau buah, bisa juga membelinya disana. Kalau lapar pun ga perlu cemas, Taman Baca Mutiara Hati Nagari Dongeng menyediakan kafe kecil-kecilan untuk jajan kamu.
Memang sangat menarik bukan, tak heran jika akhirnya banyak warga asing yang berkunjung kemari. Bagi kalian wahai sobat Diallogi terutama warga lokal atau yang ada rencana buat liburan ke Bukittinggi, ayo main sini, dijamin ga bakalan nyesel deh.

So, ga salah kan kalau namanya Nagari Dongeng, karena tempatnya emang se-kece itu, buat kita berimajinasi kayak seakan-akan emang lagi di Nagari Dongeng. Tempat ini pokoknya recomended banget, bisa buat agenda kunjungan anak-anak sekolah, belajar bersama, buat pengajian, acara mendongeng, bercerita, buat cari inspirasi bahan tulisan, puisi, cerpen dan lainnya atau hanya sekedar jalan-jalan santai menikmati hijaunya alam nan asri. Oh iya satu lagi, kalian yang suka hunting foto coba deh kesini, rasanya setiap sisi dari Taman Baca Mutiara Hati Nagari Dongeng ini ga ada habisnya buat dijadiin spot-spot foto menarik kalian.
Akhir kata semoga saja ini  bisa menginspirasi siapapun untuk ikut bergerak dan terlibat dalam aksi-aksi bermanfaat untuk lingkungan sosial dan sekitar seperti Pak Nof. Intinya mulai aja dari yang kecil-kecil dulu, kan sesuatu yang besar juga berawal dari yang kecil-kecil. 

Dan untuk kalian para sobat Diallogi, jumpa lagi di edisi lainnya ya. Salam Literasi...

(Sani Utami)

6 komentar:

Post Top Ad

<>