Kelas Inspirasi Bukittinggi, Marakek Aso di Ranah Minang - Diallogi

HEADLINE

Post Top Ad

<>

Sabtu, 16 November 2019

Kelas Inspirasi Bukittinggi, Marakek Aso di Ranah Minang

Kelas inspirasi merupakan salah satu kegiatan sosial yang bergerak dibidang pendidikan. Dalam kegiatannya kelas inspirasi ini memberikan kesempatan kepada para profesional dari berbagai sektor untuk mengajar selama satu hari disekolah. Nah, mereka inilah yang disebut dengan relawan pengajar. 
Selain relawan pengajar, di KI juga mengenal istilah panlok atau panitia lokal. Panitia lokal ini terdiri dari relawan acara, hubungan eksternal, HRD dan merchandise. Jadi tugas mereka ini adalah mempersiapkan kegiatan sebelum hari H, mulai dari persyaratan administratif, survei  dan menentukan sekolah yang akan dijadikan target hari inspirasi, mencari dan merekrut relawan pengajar, dan mempersiapkan merchandise itu sendiri.  Setelah sampai pada tahap pengumuman relawan inspirator, dibentuklah lagi Fasilitator. Fasilitator ini merupakan relawan yang menjadi narahubung atau menjembatani antara panitia lokal, relawan pengajar dan pihak sekolah. 

Kelas Inspirasi pertama kali diadakan di Bukittinggi pada tahun 2016, kemudian Kelas Inspirasi 2 Bukittinggi tahun 2018, dan Kelas Inspirasi 3 Bukittinggi tahun 2019. 

Ada begitu banyak pengalaman menarik dan pembelajaran baru yang didapat sebagai pribadi yang pernah terlibat menjadi relawan panlok dan fasilitator. Bertemu dengan beragam orang yang memiliki karakter unik, belajar sabar dan kerja ikhlas, belajar bagaimana komunikasi tetap efektif meski tak saling tatap muka, pentingnya managemen waktu, menambah networking, dan masih banyak ilmu lainnya yang mungkin belum tertulis pada kesempatan kali ini.

Perlu kalian ketahui, hati-hati jika ingin memutuskan terlibat dalam Kelas Inspirasi di kota manapun. Karena efek sampingnya tak akan pernah habis, yaitu "Candu". Candu untuk ikut terlibat lagi, lagi dan lagi. Asal kalian tahu, kelas inspirasi memang seasyik dan seseru itu.

Ga percaya? Coba deh buktiin sendiri...

Potret Kelas Inspirasi 2 Bukittinggi Tahun 2018


Potret Kelas Inspirasi 3 Bukittinggi Tahun 2019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

<>