Ronda Literasi Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi - Diallogi

HEADLINE

Post Top Ad

<>

Minggu, 17 November 2019

Ronda Literasi Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi



Selasa (6/8), Dinas Perspustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi bersama para pegiat literasi se Kota Bukittinggi mengadakan ronda literasi di TK Surya Kids Duo Platinum Simpang Capela Birugo, Bukittinggi. Ronda Literasi tersebut dihadiri oleh Drs. Johni selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi, Tim Perpusda, Safrizal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Niki Martoyo selaku pendongeng dari Padang Panjang, serta volunteer dan pengurus Forum Literasi Daerah (Forlida) Kota Bukittinggi. Kegiatan yang berlangsung 2 jam itu tidak hanya menyuguhkan atau memperkenalkan dunia calistung (baca, tulis, hitung) pada anak, namun juga mengedepankan konsep belajar sambil bermain melalui gerakan literasi seperti mendongeng dan bercerita yang disesuaikan dengan taraf usia anak-anak.
TK Surya Kids merupakan TK pertama di Bukittinggi yang dikunjungi oleh tim pegiat literasi se Kota Bukittinggi. Kedatangan tim literasi ke sekolah ini merupakan tindak lanjut MoU yang sudah dibuat sekolah-sekolah dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi.
Dalam beberapa bulan sebelumnya memang telah dilakukan MoU, sehingga kegiatan literasi sudah bisa diadakan diseluruh TK di Bukittinggi,” ungkap Safrizal. Safrizal menambahkan, kedepannya tidak hanya anak yang membaca, tetapi orang tua dengan anak, dan yang dibaca tidak hanya buku bacaan melainkan juga  Al-Qur’an karena menanamkan akidah bagi anak itu penting.


Ronda Literasi kali ini diikuti 280 anak yang merupakan gabungan dari TK Surya Kids di Birugo, Mandiangin dan Kubu Tanjuang. Hal berbeda dari ronda literasi biasanya adalah hadirnya Lala anak manis berambut kuning, Nenek Lasmi, Cika, Dino dan seekor Panda. Mereka adalah penokohan yang dibawakan oleh tim literasi dalam bentuk karakter boneka tangan. Anak-anak sangat antusias dan tertawa melihat gerak-gerik dan gaya boneka yang seolah bercakap-cakap dengan mereka. Tak sedikit anak menjadi penasaran dan tertarik untuk mencobakan boneka tangan dengan tangannya sendiri, atau hanya sekedar berusaha menyentuh boneka-boneka tersebut.
Aksi tak kalah menghebohkan datang dari pertunjukan Niki Martoyo yang ikut bergabung pagi itu. Pria yang akrab disapa Kak Niki tersebut ikut memberi warna tersendiri bagi anak-anak. Dengan tingkah aktraktif, ekspresif dan suara yang unik, cerita Badu Anak yang Rajin” yang dibawakan pendongeng kawakan Sumatera Barat itu mampu membuat anak-anak tertawa lepas dan terlibat dalam cerita tersebut.

Dalam kesempatan itu, Suryanti selaku pembina dari TK Surya Kids mengungkapkan kegembiraannya pada kegiatan literasi tersebut. “Sekolah sangat mendukung gerakan literasi ini, karena memang inilah yang dibutuhkan anak-anak selama proses tumbuh kembangnya. Seperti mendongeng, dengan mendongengkan anak maka akan dapat merangsang imajinasi, kemampuan bahasa dan lainnya,” ungkap Suryanti.
Senada dengan Suryanti, Drs. Johni selaku Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi menyambut positif dan juga mengapresiasi kegiatan literasi di TK Surya Kids dengan mengundang tim-tim literasi dari dinas kepustakaan ini. Johni juga menyoroti dan memuji anak-anak TK Surya Kids yang mengenakan pakaian sesuai dengan cita-citanya pagi itu. Johni berharap, dengan berpakaian sepertu itu, anak akan termotivasi untuk menggapai citanya dan menjadi rajin membaca bucu. Di akhir acara, Kadis Perpusda Kota Bukittinggi juga berkesempatan menyerahkan foto bersama anak-anak TK Surya Kids sewaktu menghadiri acara ‘Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernasbaku) beberapa waktu sebelumnya. (tim Forlida Bukittinggi).

4 komentar:

  1. Mantp sekali...he...saya suka mendengar dongeng. Tpi itu dlu. Skrng lebih suka mendengr pengajian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, masih mendengarkan hal yang baik.👍

      Hapus

Post Top Ad

<>